Penggunaan Metode Praktek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Kartika Dwi Astuti(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Abdul Rahim(3),

(1) SD Negeri 005 Waru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya hasil belajar siswa di SDN 005 Waru. Ada 15 siswa dari 20 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM (70). Adanya permasalahan tersebut, maka diadakan suatu upaya untuk meningkatkan pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar Hasil penelitian mengalami peningkatan persentase hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I dan II meningkat. Guru sebaiknya menggunakan metode praktik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Siswa Sekolah Dasar; Metode Praktis.


Full Text:

PDF

References


Sudjana, N, 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Trianto. Wina Sanjaya. (2011). Model Pembelajaran Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana


Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats