Penggunaan Metode Praktek Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
(1) SD Negeri 005 Waru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Maccini Sombala
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya hasil belajar siswa di SDN 005 Waru. Ada 15 siswa dari 20 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM (70). Adanya permasalahan tersebut, maka diadakan suatu upaya untuk meningkatkan pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar Hasil penelitian mengalami peningkatan persentase hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I dan II meningkat. Guru sebaiknya menggunakan metode praktik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Siswa Sekolah Dasar; Metode Praktis.
Full Text:
PDFReferences
Sudjana, N, 2000. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Trianto. Wina Sanjaya. (2011). Model Pembelajaran Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Article Metrics
Abstract view : 161 times | PDF view : 33 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats