PENINGKATAN SIKAP DEMOKRATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KUTALIMAN

Monicha Juli Haryani(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Reni Astuty Latif(3),

(1) SD NEGERI 3 KUTALIMAN
(2) PGSD UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) SD Inpres Hartaco Indah
(*) Corresponding Author



Abstract


Sikap demokratis siswa yang rendah menjadi landasan dilaksanakannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap demokratis siswa melalui model problem based learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Model penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Kutaliman yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non-tes melalui kegiatan wawancara dan menggunakan instrument penelitian berupa angket sikap demokratis yang harus diisi oleh siswa secara individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap demokratis siswa kelas IV SD Negeri Kutaliman meningkat setelah menerapkan model problem based learning dalam pembelajaran. Rata-rata sikap demokratis siswa yang diperoleh dari hasil angket pada siklus I sebesar 2,23 dan persentase ketuntasan sebesar 28,56% dengan kriteria kurang yang meningkat pada siklus II menjadi 2,81 dan persentase ketuntasan sebesar 76,18% dengan kriteria baik.


References


Arends, R.I. (2008). Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pusat Pelajar.

Ayun, A.F (2016). Pendidikan Karakter Demokratis Di Kelas IV A SD Negeri I Jampiroso Temanggung. BASIC EDUCATION, 5(26), 2-461. Diakses pada tanggal 23 Desember 2021 melalui http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/pgsd/article/view/4705

Kemmis & Mc Taggart. (1982). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Kesuma, D., Cepi, T & Johar, P. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mawardi, D. (2014). PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-ULUM, 4(1), 269-268. Diakses melalui https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/ PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER.

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia.

Sunaryati, T. (2012). Peningkatan Sikap Demokratis Siswa Melalui Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran PKN. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 155-162.Diakses melalui https://www.e-jurnal.com/2015/05/peningkatan-sikap-demokratis-siswa.html.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 165 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats