PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA BERBAGAI PEKERJAAN SISWA KELAS IV SEMESTER I SD NEGERI 3 PENDEM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

I MADE RYAN ARIAWAN(1*), Nurfaizah Nurfaizah(2), Isman Isman(3),

(1) SD NEGERI 3 PENDEM
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Artikel ini memuat tentang peningkatan hasil  belajar  pada tema Berbagai Pekerjaan  siswa kelas IV SD Negeri 3 Pendem, melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media audiovisual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan  Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Pendem  yang berjumlah 21 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga Siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dilihat data  dari  hasil  belajar  siswa menggunakan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media audiovisual yaitu sebagai berikut. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,43 dengan ketuntasan belajar 57%, siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 78,57 dengan ketuntasan belajar 76% dan pada siklus III rata-rata hasil  belajar siswa adalah 88,57 dengan ketuntasan belajar 90%. Jadi,  kesimpulan penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media audiovisual siswa kelas IV SD Negeri 3 Pendem

References


DAFTAR PUSTAKA

Agung. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Anitah, Sri. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Dimyati & Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Pres

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.

Munandi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Permana ,dkk, 2004, Metode Belajar Mengajar, Bandung

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruminiati. 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rusyan, Tabrani. 1993. Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bima Budaya.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.


Article Metrics

Abstract view : 10 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats