Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas III Tentang Bangun Datar Melalui Penggunaan Media Audio Visual di SDN 1 Cikareo Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Dudi Supriadi(1*), Nurfaizah Nurfaizah(2), Isman Isman(3),

(1) SDN 1 Cikareo
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini didasari oleh kesulitan peserta didik kelas III SDN 1 Cikareo dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar. Guru hanya menjelaskan materi pembelajaran dengan cara klasikal, sehingga peserta didik menjadi tidak aktif dan kreatif selama proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada masih rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam memahami materi tersebut.

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah bagaimana rencana, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media audio visual.

Penggunan media audio visual ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dan mengimplementasikan penggunaan media audio visual pada materi bangun datar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Dari hasil analisis didapatkan bahwa dengan penggunaan media audio visual pelaksanaan pembelajaran Matematika berjalan maksimal dan peserta didik semakin aktif. persentase ketuntasan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (62, 5 %), siklus II (83,3%) dengan respon peserta didik sangat senang.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media audio visual berdampak positif terhadap keaktifan peserta didik sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Matematika, sehingga media audio visual ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.


References


Bahri- Djamarah, S. dan Azwan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hermawan, R.dan Azwan, Z. (2006). Metode Penelitian Pendidikan SD. Bandung:UPI PRESS.

Faisal. (2017). Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: PT Thursina Mediana Utama

Fitria Dyas Andhin. (2019). Pendalaman Materi Matematika. Bandung: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Greg Bang. ( 2018). Tujuan dan Hakikat Pembelajaran Matematika. [Online]. Tersedia dihttps://www.tipsbelajarmatematika.com/2018/10/tujuan-dan-hakikat- pembelajaran.html diakses pada tanggal ( 5 Oktober 2019)

Ibeng Parta. (2020). Pengertian Audio Visual. [Online] tersedia di https://pendidikan.co.id/pengertian-audio-visual-jenis-ciri-fungsi-kelebihan-manfaat/ diakses pada tanggal ( 5 Oktober 2029)

Munawar, Indra. 2009. Hasil Belajar (Pengertian dan Definisi). [Online]. Tersedia di http://indramunawar.blogspot.com/2009/06/hasil-belajar-pengertian-dan- definisi.html diakses pada tanggal ( 5 Oktober 2019)

Sadulloh, U. Robandi,B.dan Muharam, A. (2007). Pedagogik. Bumisiliwangi: Cipta Utama

Sudjana, N.dan Rivai,A.(2005). Media Pengajaran.Bandung: Algesinda. Sugiyono. (2007).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Sukirman, D dan Jumhana N. (2007).Perencanaan pembelajaran. Bandung: UPI PRESS

Suwangsih, E. dan Tiurlina.(2007).Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI PRESS

Wikipedia Ensiklopedia Bebas. (2019). [Online]. Tersedia di https://id.wikipedia.org/wiki/Bangun_datar diakses pada tanggal ( 8 Oktober 2019)


Article Metrics

Abstract view : 3 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats