Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 UPT SPF SD Negeri 58 Tanete

Sitti Fatimah(1*), Nurfaizah Nurfaizah(2), Isman Isman(3),

(1) UPT SPF SD Negeri 58 Tanete
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan pokok yang dikaji yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model problem based learning, hasil belajar matematika siswa kelas I UPT SDI 112 Kepulauan Selayar. Tujuan dari Penelitian ini untuk untuk mendapatkan gambaran penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar belajar matematika di kelas I UPT SDI 112 Kepulauan Selayar. Studi ini menggunakan model Problem based learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas I UPT SDI 112 Kepulauan Selayar yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulkan data meliputi: observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif yang terdiri dari hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tinggi. Terjadinya peningkatan hasil belajar matematika siswa tidak terlepas dari perbaikan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan langkah-langkah model pembelajaran problem based learning.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Audio Visual; Benda Konkrit.


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha Singaraja

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi : Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fauziah, R. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Operasi Hitung Siswa SD (Doctoral dissertation. Universitas Pendidikan Indonesia).

Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari,M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri001Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Mansur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah (Clasroom Action Research). Cet. ke-2. (Jakarta: Bumi Aksara).

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling.


Article Metrics

Abstract view : 109 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats