Penggunaan Media Power Point Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Risna Mayda(1*), Muhammad Irfan(2), Nur Sofiatul Lailiyah(3),

(1) SDN 2 CIBUNIGEULIS
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD INPRES PERUMNAS II
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kelas III B Sekolah Dasar Negeri 2 Cibunigeulis, yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran terutama pembelajaran tematik. Yang mana dewasa ini pada kegiatan pembelajaran, mengharuskan peserta didik mampu mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan kreatif. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti menggunakan media power point untuk mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III B di Sekolah Dasar Negeri 2 Cibunigeulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus pembelajaran. Adapun teknik pengumpulan data digunakan tes hasil belajar peserta didik dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media power point dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III B Sekolah Dasar Negeri 2 Cibunigeulis. Pada siklus pertama 35% peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada siklus kedua 65% peserta didik mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. 

Kata Kunci: Hasil Belajar; Media Powerpoint; Media Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


A. Jauhar Fuad, dkk. Pemanfaatan Media Slide Power Point dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. Nganjuk. (Dikutip https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.683 pada 4 November 2020)

Atik Mardhiyah. 2013. Penerapan Multimedia Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Islam PK Muhammadiyah Delanggu Klaten Tahun 2012/2013. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dikutip http://eprints.ums.ac.id/23722/13/NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf pada tanggal 12 Oktober 2020.

Budi Rahmanto. 2013. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Menggunakan Media Powerpoint Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Timbulharjo Depok Sleman. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Deny Irawan. Keefektifan Media Slide Presentasi Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Di Kelas Iii Sekolah Dasar Negeri 06 Tegalsari Kabupaten Pemalang. Semarang: Universitas Negeri Semarang. (Dikutip http://lib.unnes.ac.id/17844/1/1401409308.pdf pada tanggal 12 Oktober 2020).

Desiani Widayati. Penggunaan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPA Kelas VIII Paket B Setara SMP di PKBM Ngudi Makmur Jamus Pengasih Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Dikutip https://core.ac.uk/download/pdf/78033032.pdf pada tanggal 12 Oktober 2020).

Erna Kartika. Penggunaan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Peserta didik Di Kelas VI SDN Kaliasin VII Surabaya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. (Dikutip https://www.neliti.com/id/publications/253657/penggunaan-media-power-point-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-mata-pelajaran-ips pada tanggal 11 Oktober 2020).

Fachrani Mahfuza. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Di Kelas V Min Sinembah Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta. (Dikutip http://repository.uinsu.ac.id/4164/1/SKRIPSI%20FACHRANI%20MAHFUZA.pdf pada tanggal 12 Oktober 2020).

(https://www.rijal09.com/2016/03/karakteristik-pembelajaran-bahasa.html diakses 12 Oktober 2020)

(https://fotokita.grid.id/read/112367224/contoh-contoh-perubahan-wujud-bend diakses 12 Oktober 2020)

Ipan Kodar Solihat, S. Pd: Penggunaan Model CTL dalam meningkatkan hasil belajar. Tasikmalaya

Sudjana, 2011: Media Pengajaran, Sinar Baru Algensindo, Bandung

Widya Moresta. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Melalui Media Pembelajaran Powerpoint Audi Visual Di MI Iskandar Muda Kota Batam. Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Dikutip http:// repository.uin-suska.ac.id/8784/1/2013_2013392PGMI.pdf pada tanggal 12 oktober 2020.


Article Metrics

Abstract view : 582 times | PDF view : 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats