Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Faiza M Ahmad(1*), Amrah Amrah(2), Muh. Kadri Karim(3),

(1) SDN Letawa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Letawa. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang lebih berpusat pada guru (teacher centered) sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learnng agar siswa terbiasa belajar secara aktif, menyenangkan dan memberikan pengaruh besar pada penguasaan materi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keakifan belajar siswa kelas IV SDN Letawa yang berjumlah 22 orang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil dari pelaksanaan tindakan menunjukan bahwa keaktifan belajar meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa tiap siklus selalu meningkat dalam kegiatan pembelajaran yakni siklus I dalam kategori cukup dan siklus II dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes siklus I siswa yang tuntas 13 dari 22 siswa, tuntas klasikal 59,09%. Pada siklus II siswa yang tuntas  19 siswa dari 22 siswa, tuntas klasikal 86,36%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning secara berkala dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas IVA SDN Letawa.

Kata Kunci: Keaktifan Belajar Siswa, Problem Based Learning, Model Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Rusman. 2014. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Muhlisin Riadi.2020. Keaktifan Belajar (Pengertian, Bentuk, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi) diterima dari https://www.kajianpustaka.com/2020/12/keaktifan-belajar-siswa.html

Zakky.2019. Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya diterima dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-model-pembelajaran/

Sukidin dkk,2002 Manajemen Penelitian Tindakan Kelas (Surabaya;Percetakan Insan Cendekia; 59

Alya Zulfikar.2020. Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Macam-macamnya https://www.99.co/blog/indonesia/pengertian-model-pembelajaran/ diunduh pada tanggal 20 November 2021 pada pukul 23.15 WITA

Zainal Aqib. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YRAMA WIDYA.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian

Semiawan, C.1992. Pendekatan Keterampilan Proses : Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta : Grasindo.

Septi Widyanti. 2015. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas Viidsmp Negeri 3 Gamping Sleman


Article Metrics

Abstract view : 248 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats