Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
(1) SDN Letawa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Letawa. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang lebih berpusat pada guru (teacher centered) sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learnng agar siswa terbiasa belajar secara aktif, menyenangkan dan memberikan pengaruh besar pada penguasaan materi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keakifan belajar siswa kelas IV SDN Letawa yang berjumlah 22 orang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil dari pelaksanaan tindakan menunjukan bahwa keaktifan belajar meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa tiap siklus selalu meningkat dalam kegiatan pembelajaran yakni siklus I dalam kategori cukup dan siklus II dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes siklus I siswa yang tuntas 13 dari 22 siswa, tuntas klasikal 59,09%. Pada siklus II siswa yang tuntas 19 siswa dari 22 siswa, tuntas klasikal 86,36%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning secara berkala dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas IVA SDN Letawa.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar Siswa, Problem Based Learning, Model Pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. 2013.Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama
Rusman. 2014. Model – Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.
Muhlisin Riadi.2020. Keaktifan Belajar (Pengertian, Bentuk, Indikator dan Faktor yang Mempengaruhi) diterima dari https://www.kajianpustaka.com/2020/12/keaktifan-belajar-siswa.html
Zakky.2019. Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya diterima dari https://www.zonareferensi.com/pengertian-model-pembelajaran/
Sukidin dkk,2002 Manajemen Penelitian Tindakan Kelas (Surabaya;Percetakan Insan Cendekia; 59
Alya Zulfikar.2020. Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Macam-macamnya https://www.99.co/blog/indonesia/pengertian-model-pembelajaran/ diunduh pada tanggal 20 November 2021 pada pukul 23.15 WITA
Zainal Aqib. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: YRAMA WIDYA.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian
Semiawan, C.1992. Pendekatan Keterampilan Proses : Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta : Grasindo.
Septi Widyanti. 2015. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas Viidsmp Negeri 3 Gamping Sleman
Article Metrics
Abstract view : 248 times | PDF view : 63 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats