Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Tri Retno Mawarni(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Lisnawati Lisnawati(3),

(1) SDN Keteguhan 01 Kecamatan Tawangsari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN KOMP. IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada peserta didik kelas II SD Negeri Kateguhan 01 Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo dalam pembelajaran tematik tema 2 Bermain di Lingkungan Sub Tema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah. Dari 12 peserta didik baru 6 peserta didik atau 50% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri Kateguhan 01 Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Teknik analisis data menggunakan tehnik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II SD Negeri Kateguhan 01 Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Pada siklus pertama 8 dari 12 anak atau 66,7% peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus kedua 11 dari 12 anak atau 91,7% peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal. 

Kata kunci: Keaktifan; Hasil Belajar; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Rusmono. (2014) Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor: Penerbit Ghalia Indone.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudirman, dkk. (1987). Ilmu Pendidikan. Bandung : Remadja Karya CV.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats