Penerapan Video Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Payaman 2 Secang Magelang

Andri Savari Nugroho(1*), Nurfaizah Nurfaizah(2), Rijal Rijal(3),

(1) SD Negeri Payaman 2
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT. SPF. SDI. Unggulan Puri Taman Sari
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar melalui penerapan video interaktif pada siswa kelas III SD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan refleksi). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Payaman 2 Magelang. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 80%, dengan rincian pra siklus ketuntasan 20% dari 10 siswa yang telah mencapai keberhasilan dengan rata-rata 47, siklus I menjadi 60% dari 10 siswa yang telah mencapai keberhasilan dengan rata-rata 74, dan menjadi 80% pada siklus II dari 10 siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 81. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan video interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Video Interaktif; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, R.S. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kusnadar. 2010. Langkah Mudah Penelitan Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kustandi, Cecep dan Sutjipto Bambang. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lestari, Ervina Budi. 2021. Video Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, Vol. 2, No.1, ISSN: 2747-1977 (Print) / 2747-1969 (Online), Hal:52-61.

Munandi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Rusman. 2018. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B. dan Nina Lamatenggo. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 436 times | PDF view : 128 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats