Penerapan Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki 1

Indrawati Indrawati(1*), Andi Makkasau(2), Nur Sofiatul Lailiyah(3),

(1) UPT SPF SD INPRES LANRAKI 1
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(3) PGSD UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SD Inpres Lanraki 1, melihat rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas V, maka peneliti menerapkan metode inkuiri. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil refleksi awal menunjukkan rata-rata ketuntasan belajar klasikal 53,57% dan daya serap individu 74,64%, pada siklus I menunjukkan bahwa siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran untuk taraf rata-rata yaitu tuntas klasikal 82,14% dan daya serap individual 81,79%. Pada siklus II meningkat menjadi tuntas klasikal 96,42% dan daya serap individual 88,04%. Berdasarkan analisis refleksi awal siswa tuntas 15 orang dari 28  siswa, hasil tes pada siklus I siswa yang tuntas 23 dari 28 siswa, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 27 dari 28 siswa. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea pada mata pelajaran IPA. 

Kata Kunci: Metode Inkuiri; IPA; Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aziz Abdullah. 2007. Metode Dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta

Bundu Patta, Kasim Ratna. 2007. Konsep Dasar IPA I Teori dan Praktik. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Darmodjo Hendro, Kaligis Jenny. 1991. Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Hamalik Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesionalis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muslimin, Umar Alimin. 2008. Panduan Penulisan Skripsi. Makassar: UNM

Sabri Ahmad. 2010. Strategi Belajar mengajar & Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sumantri Mulyani, Permana Johar. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Umar Alimin. 2007. STATISTIKA. Pengantar Ke Dalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi. Makassar: Badan Universitas Negeri Makassar.

Wahyono Budi, Nurachmandani Setyo. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PUSAT PERBUKUAN Departemen Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 173 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats