Penerapan Metode Inkuiri Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki 1
(1) UPT SPF SD INPRES LANRAKI 1
(2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(3) PGSD UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SD Inpres Lanraki 1, melihat rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA siswa kelas V, maka peneliti menerapkan metode inkuiri. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan tiap siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil refleksi awal menunjukkan rata-rata ketuntasan belajar klasikal 53,57% dan daya serap individu 74,64%, pada siklus I menunjukkan bahwa siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran untuk taraf rata-rata yaitu tuntas klasikal 82,14% dan daya serap individual 81,79%. Pada siklus II meningkat menjadi tuntas klasikal 96,42% dan daya serap individual 88,04%. Berdasarkan analisis refleksi awal siswa tuntas 15 orang dari 28 siswa, hasil tes pada siklus I siswa yang tuntas 23 dari 28 siswa, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 27 dari 28 siswa. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV UPT SPF SD Inpres Lanraki 1 Kecamatan Tamalanrea pada mata pelajaran IPA.
Kata Kunci: Metode Inkuiri; IPA; Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aziz Abdullah. 2007. Metode Dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta
Bundu Patta, Kasim Ratna. 2007. Konsep Dasar IPA I Teori dan Praktik. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Darmodjo Hendro, Kaligis Jenny. 1991. Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Hamalik Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesionalis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muslimin, Umar Alimin. 2008. Panduan Penulisan Skripsi. Makassar: UNM
Sabri Ahmad. 2010. Strategi Belajar mengajar & Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching
Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sumantri Mulyani, Permana Johar. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Umar Alimin. 2007. STATISTIKA. Pengantar Ke Dalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi. Makassar: Badan Universitas Negeri Makassar.
Wahyono Budi, Nurachmandani Setyo. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PUSAT PERBUKUAN Departemen Pendidikan Nasional.
Article Metrics
Abstract view : 173 times | PDF view : 27 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats