Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 2 Kalipucangwetan dengan Model Problem Based Learning

Moh Wilda Mustaqim(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Bhakti Pandi Hasin(3),

(1) SD NEGERI 2 KALIPUCANGWETAN
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Sudirman III, Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pemilihan judul ini berdasarkan pengamatan dan Pengalaman Praktik Lapangan bahwa kemampuan siswa kelas III SD Negeri Kalipucangwetan motivasi belajar dan hasil belajar siswa masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III muatan pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kalipucangwetan Kabupaten Jepara. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Kalipucangwetan Kabupaten Jepara pada semester genap 2021/2022 yang berjumlah 33 anak. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul, dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 62 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68 dimana dan standar deviasinya 5,369. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76 dan standar deviasinya 5,615. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 37,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta motivasi peserta didik juga meningkat, hal ini terlihat dari peran aktif siswa dalam bertanya maupun menjawab soal. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL); Hasil Belajar siswa; Motivasi

Full Text:

PDF

References


Amir, M Taufiq. 2012. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.

Eggen, Paul & Kauchak,Don. (2012).Strategi dam Model Pembelajaran Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Maulana,A. (2016).Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1.

Jeong So, Hyo dan Bosung Kim. 2009. “Learning about Problem Based Learning: Student Teachers Integrating Technology, Pedagogy and Content Knowledge”, Australasian Journal of Educational Technology/ Vol. 25 No. 1, 111-116.

M. Ibrahim dan Nur. (2005). Pengajaran Berdasarkan Masalah.

Surabaya: University Press.

Newman, Mark J. 2005. “Problem Based Learning: An Introduction and Overview of the Key Features of the Approach”. Journal of Veterinary/Vol 3, No. 1, 12-20.

Putra, R,M. (2018). Pengaruh model PBL terhadap hasil belajar tematik siswa di SD Negeri 21 Kerinci. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No.2, pp. 178-190.

Shoimin, Aris.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz Media

Sahlberg, P. (2012). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. In L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.), Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge.

Sanjaya, W.(2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 1797 times | PDF view : 441 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats