Penerapan Pendekatan TPACK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas III SD Negeri Segaralangu 02 Cipari

Sandro Wahyu Setyawan(1*), Andi Makkasau(2), Syahrani Syahrani(3),

(1) SD Negeri Segaralangu 02 Cipari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian di kelas III SD Negeri Segaralangu 02 ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan meningkatkan keterampilan guru dalam proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penerapan pendekatan TPACK dalam kegiatan pembelajaran dengan menyajikan media Power Point. Kemampuan guru dalam meyajikan materi yang mudah dipahami peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik, lebih interaktif dan membangkitkan antusias peserta didik dalam menggali informasi. Penelitian ini menggabungkan tiga komponen utama yaitu teknologi, pedagogi, dan konten atau materi pengetahuan. Penggunaan media dan sumber pembelajaran menjadi bagian dari industry 4.0. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan pendekatan TPACK menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri Segaralangu 02 Cipari. Aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat dalam pembelajaran. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 75 atau sebanyak 60% peserta didik mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 80 atau 80% peserta didik mencapai ketuntasan minimal. Aktivitas pendidik dan peserta didik juga dalam kategori sangat baik. 

Kata Kunci: Hasil belajar; Kelas III; TPACK.


Full Text:

PDF

References


Aritonang, Keke T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan penabur, 7.10: 11-21. https://www.academia.edu/download/35904799/Hal._1121_Minat_dan__%20motivasi_belajar.pdf

Damitri, Dea Elvina. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6.2. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/36296

Fauzani, Umi Azizah. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Negeri 8 Wonogiri. PINISI: Journal of Teacher Professional, 2.3. https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Herring, M.C., Koehler, M.J., & Mishra, P. (Eds.) (2016). Handbook of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) for Educators. (2nd edition). New York: Routledge. https://link.springer.com/article/10.1007/s11528-017-0176-2

Nurseto, Tejo. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan. 8.1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/706

Rizqi Press. (2021). Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar. https://fkip.unismuh.ac.id/program-studi/ppg/

Nurmansyah, Unay, et al. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Pendekatan Saintifik TPACK. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6.2: 195-211. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jumlahku/article/view/1147

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineta Cipta. https://onesearch.id/Author/Home?author=Slameto

Sudjana, Nana. (2009). Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/beranda/438-penilaian-hasil-proses-belajar-mengajar.html

Sumaatmaja, Nursyid. (1997). Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.

WATI, Tayik Novita; NAFIAH, Nafiah. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tpack Pada Siswa Kelas V Upt Sd Negeri Jambepawon 02 Blitar. In: NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU), p. 631-646. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/690


Article Metrics

Abstract view : 2500 times | PDF view : 692 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats