Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas Iv SDN Soko 4 Melalui Model PBL

Ria Dhian Dewantini(1*), Lukman Ali(2), Nur Aivi(3),

(1) SDN Soko 4
(2) PGSD, Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD, UPT SPF SDN Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SDN Soko 4 melalui model Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Soko 4 yang berjumlah 10 siswa. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi dan pemberian tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar siswa Kelas IV SDN Soko 4 akhir siklus I 63, dari 10 siswa yang sudah memenuhi KKM ada 6 siswa atau 60%. Nilai rata-rata hasil belajar pada akhir siklus II yaitu Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, yaitu 80, dari jumlah siswa yang memenuhi KKM ada 9 siswa atau 90%.. Hasil belajar siswa Kelas IV SDN Soko 4 siklus I ke siklus II mengalami peningkatan Hasil Belajar melalui model Problem Based Learning (PBL).

Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Ardi, M. R. S. (2021). Model Quantum Learning dan Media Permainan Engklek dalam Pembelajaran IPA. Karanganyar: CV. Arindri Hijrah.

Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV. Arti Bumi Intaran

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Kerling, D. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edmodo Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Animasi Kelas XI MM 1 SMK Negeri 1 Trenggalek Tahun Pelajaran 2020/2021. Trenggalek: SMK Negeri 1 Trenggalek.

Qodir, A. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media.

Rubiyanto, R. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: UMS.