Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model PBL di SDN 3 Kenanga

Isma Marwah(1*), Hamzah Pagarra(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) Jalan Pangeran Antasari Blok Petapan Rt 002 RW 001 Desa Kejuden Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon, Kode Pos 45155
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD INP Unggulan Toddopuli Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelas III SDN 3 Kenanga Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa di kelas III melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 3 Kenanga dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, dalam pembelajaran di kelas III untuk meningkatkan keaktifan siswa, guru menggunakan model Problem Based Learning dengan media power point. Guru memberikan orientasi masalah dengan menampilkan video dengan media power point. Kemudian siswa menyimak video. Dari kegiatan ini siswa dilatih untuk cermat dan fokus dalam menyimak video yang ditampilkan. Dengan kegiatan ini siswa lebih tertarik dan fokus selama mengikuti pembelajaran. Kedua, melalui kegiatan diskusi kelompok siswa lebih aktif belajar. Banyak aktivitas yang menjadikan siswa lebih aktif dengan penerapan model Problem Based Learning seperti proses diskusi kelompok mencari informasi untuk memecahkan masalah. Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan Dari Pra siklus ke siklus I mengalami kenaikan rata-rata hasil belajar dari 69,41 menjadi 76,16 atau sebesar 6,75% . Dan dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan rata-rata hasil belajar dari 76,16 menjadi 85,91 atau sebesar 9,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Keaktifan; Problem Based Learning


Full Text:

PDF

References


Indha Yunitasari. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu. Vol.5 No.4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.983

Kurniawati. (2019). Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi. From: http://repository.uinjambi.ac.id/2568/1/KURNIAWATI%20-%20qurnia%20karsa.pdf.

Miftahul Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pengelola webkemdikbud. (2017). Pendidikan Karakter Dorong Tumbuhnya Kompetensi Siswa Abad-21. From: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/06/pendidikan-karakter-dorong-tumbuhnya-kompetensi-siswa-abad-21.

Pujiriyanto. (2019). Modul Pedagogik: Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad-21. Jakarta

Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sasmoko. (2017).Pendidikan Abad-21.From:https://pgsd.binus.ac.id/2017/08/08/pendidikan-abad-21/

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka


Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats