Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Ana Mardiana(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Nur Asia(3),

(1) Sekolah Dasar Negeri Sukarame
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri KIP Bara-Baraya I Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan guru dalam menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dan  meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sukarame berjumlah 10 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Penelitian Tindakan Kelas yang diadaptasi dari model Kemmis dan Mc.Taggart. Instrumen pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana terdapat satu kali pertemuan pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Leraning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika tentang kesetaraan mata uang. Hasil belajar siswa dalam penelitian ini mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 60%. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika tentang kesetaraan mata uang, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika tentang kesetaraan mata uang.

 Kata Kunci: Matematika; Hasil Belajar; Problem Based Learning.

 


Full Text:

PDF

References