Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV

Fatatul Arifah(1*), Nurfaizah AP(2), Dwi Pita Reski(3),

(1) SD IT Tahfidzul Qur'an Ihsanul Fikri 2
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas IV SD IT Tahfidzul Qur’an Ihsanul Fikri 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas IV SD IT Tahfidzul Qur’an Ihsanul Fikri 2 yang berjumlah 12 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari ketuntasan KKM siswa. Pada siklus pertama hanya 7 dari 12 siswa  atau 58,3% mencapai KKM. Pada siklus kedua 11 dari 12 siswa telah 91,7% siswa mencapai KKM. Begitu juga motivasi siswa dari siklus 1 juga mengalami kenaikan pada siklus 2. Dari rata-rata sebelum siklus sebesar 69,72 kategori cukup, pada siklus 1 sebesar 71,94 kategori baik, dan pada siklus 2 sebesar 81,11 kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Motivasi; Hasil Belajar IPA; Problem Based Learning 


Full Text:

PDF

References


Agung, A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: FIP Undiksha.

Anwar. (2015). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Bahagia, P. J. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas IV SDN Suci 01 Jember (Tahun Pelajaran 2016-2017). Elemntary School Education Journal, 95.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary PGSD FKIP Universitas Riau, 40.

Gunantara, Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol.2, 1.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Persa.

Sadirman, A. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suari, N. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 242.

Suroso. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pararaton.

Triyanto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, B. H. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. (2017). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.


Article Metrics

Abstract view : 129 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats