Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V SD

Novita Muktiani(1*), Erma Suryani Sahabuddin(2), Reni Astuty Latif(3),

(1) SD Negeri Kalikudi 04
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SDN Kalikudi 04, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelas V SD. Data awal menunjukkan pada kelas V semester I terdapat 9 dari 16 siswa (56,25%) yang belum mencapai KKM yaitu 70. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa, guru belum melaksanakan pembelajaran inovatif, dan belum menggunakan media pembelajaran yang menarik. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelas V SDN Kalikudi 04. Langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukkan keterampilan guru mencapai 75%, keaktifan siswa 75%, dan ketuntasan hasil belajar IPA 75%. Pada siklus II menunjukkan keterampilan guru 85%, keaktifan siswa 90%, dan ketuntasan hasil belajar IPA 85%. Kesimpulan  penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas V SD.

Kata kunci: Problem Based learning, model pembelajaran, kualitas pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar Tahun 2021