Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Project Based Learning Di Sekolah Dasar

Feni Astreani(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Nur Asia(3),

(1) SDN Pati Kidul 05
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri KIP Bara-Baraya I Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 5 SDN Pati Kidul 05 Kecamatan Pati, Kabupaten Pati pada pelajaran IPA materi sistem organ pencernaan manusia. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 SDN Pati Kidul 05 dengan jumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar peserta didik adalah 70 sesuai dengan KKM pelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pada tiap siklus. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus hanya mencapai 63,68. Setelah diterapkan model pembelajaran PjBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 70,52 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,63.

Kata Kunci: IPA; hasil belajar; Project Based Learning


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, Suhardjono, Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Farid, M., & Pramukantoro, J. A. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar - Dasar Teknik Digital di SMKN 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02 (02), 737-743

Huda, Miftahul. (2013). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemdikbud. (2015). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta: Kemdikbud.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi: 2. Jakarta: PT Indeks.

Mimin Setiani. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan hasil Belajar Kognitif Peserta Didik tema 5 Subtema 1 kelas V SDN 1 Parakan Sebaran Kendal tahun Pelajaran 2020/2021. Universitas PGRI Semarang.

Miyarso, Estu. (2019). Perancangan Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kemdikbud.

Muhtadi, Ali. (2019). Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Kemdikbud.

Munawaroh, Isniatun. (2019). Konsep dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kemdikbud.

Pujiriyanto. (2019). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kemdikbud.

Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Warsito, dkk. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran daring untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA kelas VI SDIT Salsabila 3 Banguntapan. Universitas Ahmad Dahlan.


Article Metrics

Abstract view : 526 times | PDF view : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats