Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Kerja Sama Tema 5 Kelas Iii Sdn 7 Salotungo Kabupaten Soppeng

Andi Arfia Arifai(1*), Ila Israwati(2), Muhammad Fitri(3),

(1) SDN 7 SALOTUNGO
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN BTN IKIP 2 MAKASSAR
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning untuk menumbuh kembangkan sikap Kerjasama peserta didik kelas III Pada Tema 5 SDN 7 Salotungo Kab.Soppeng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah data penelitian dikumpulkan melalui teknik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap Kerjasama peserta di siklus I yang berada pada kategori cukup dan meningkat di siklus II dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik dalam menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning disetiap siklus yakni pada siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat di siklus II dengan kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan

Kata Kunci: Problem Basic Learning; Kerjasama.


Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Apriono, Djoko., (2011), Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif, Prospektus Jurnal, Tahun IX Nomor 2.

Koeswanti Henny Dewi. 2018. Eksperiman Model Kooperatif Learning Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis. Salatiga. Scholario.

Lightner, B. & Willi, K. 2007, College Teaching, 5(5), 5-18

Mergendoller, M. & Bellisimo, J., 2006, The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learing, 1(2), 49-69