Peningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas IV SDN 7 Salotungo

Andi Wahdiati(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Sarinikmah Sarinikmah(3),

(1) UPTD SPF SDN 7 SALOTUNGO
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPTD SPF Kompleks Ikip 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswaKelas IV SDN 7 Salotungo. Metode serta pendekatan yang digunakan dalam penenelitian ini yaitu metode tanya jawab, demontrasi, dan penugasan sedangkan pendekatan yaitu pendekatan saintifik sesuai amanat kurikulum 2013(meliputi aktivitas mengamati,menanya,mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasikan/mengolah informasi dan mengkomunikasikan) dan TPACK. Adapun dalam teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dari akhir siklus I dan tes akhir siklus II serta dengan menggunakan lembar observasi,kuesioner/tanggapan siswa, dan pertanyaan refleksi siswa. Hasil belajar pada siklus II terdapat 90%peserta didik mencapai nilai KKM hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning adalah model yang memfokuskan siswa dalam menemukan masalah pada kehidupan sehari-hari dan membantu siswa untuk dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah serta menemukan ide-ide kreatif yang menjadi solusi pada setiap masalah, baik penemuan jawaban secara individu maupun dalam bentuk diskusi kelompok.

 Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Model (Problem Based Learning)


Full Text:

PDF

References


Adhini Virgiana, Wasitohadi, (2016). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong-Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria, 6 (2) 103.

Arends, R. 2008. Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shalilah, D. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Inquiry bagi Siswa Kelas IV SDN Kebonagung Mojokerto. JPGSD. Volume 02 Nomor 03.

Sudiatmika, I. M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. In Prosiding Seminar Nasional MIPA 2016. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Yunin Nurun, Nafiah. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1) 125-129


Article Metrics

Abstract view : 78 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats