Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Panulisan Timur 03

Tina Sunani(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Alphian Sahruddin(3),

(1) SD Negeri Panulisan Timur 03
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bawakaraeng 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas II SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran pada siswa kelas II. Data awal yang didapat menunjukkan saat pembelajaran siswa kurang memperhatikan materi dari guru, 10 dari 23 siswa kesulitan dalam membandingkan pecahan mata uang, dan kurangnya kemampuan dalam menyusun kalimat dari kata-kata acak oleh 9 siswa dari 23 siswa. Data tersebut terjadi karena minat belajar siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, penjelasan guru hanya monoton serta media kurang menarik. Maka untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran di kelas II dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan praktik mengajar yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Panulisan Timur 03.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian pada praktik mengajar 2 diperoleh data 70% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan kemampuan berpikir siswa mencapai 60% dari jumlah siswa. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning secara bertahap dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II SD Negeri Panulisan Timur 03.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah; Kegiatan Belajar Siswa; Model Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021