Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Panulisan Timur 03

Tina Sunani(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Alphian Sahruddin(3),

(1) SD Negeri Panulisan Timur 03
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bawakaraeng 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas II SD, fokus masalah diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan pembelajaran pada siswa kelas II. Data awal yang didapat menunjukkan saat pembelajaran siswa kurang memperhatikan materi dari guru, 10 dari 23 siswa kesulitan dalam membandingkan pecahan mata uang, dan kurangnya kemampuan dalam menyusun kalimat dari kata-kata acak oleh 9 siswa dari 23 siswa. Data tersebut terjadi karena minat belajar siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, penjelasan guru hanya monoton serta media kurang menarik. Maka untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran di kelas II dengan menerapkan model Problem Based Learning. Tujuan praktik mengajar yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Panulisan Timur 03.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian pada praktik mengajar 2 diperoleh data 70% Langkah model telah terlaksana dengan baik, dan kemampuan berpikir siswa mencapai 60% dari jumlah siswa. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning secara bertahap dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas II SD Negeri Panulisan Timur 03.

Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah; Kegiatan Belajar Siswa; Model Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021

Kurikulum 2013 SD Negeri Panulisan Timur 03 Tahun 2021

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

Riadi, Muchlisin. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning. Diakses melalui https://www.kajianpustaka.com/2017/08/model-pembelajaran-problem-based-learning.html

Suryaningsih. Tahapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. https://www.kompasiana.com/suryaningsihwardana/54f683a3a33311e6048b4f14/model-pembelajaran-problem-based-learning-dalam-kurikulum-2013


Article Metrics

Abstract view : 1133 times | PDF view : 416 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats