Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

khodijah khodijah(1), Hamzah Pagarra(2), Zusanti Zusanti(3*),

(1) SDIT Al-Hikmah
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan Toddopuli
(*) Corresponding Author



Abstract


Berdasarkan hasil observasi peneliti pada siswa kelas IV SDIT Al-Hikmah Kota Cirebon diketahui bahwa selama proses pembelajaran IPA berlangsung di kelas terlihat bahwa masih banyak yang kurang berkonsenterasi dalam belajar, motivasi belajar siswa juga belum optimal sehingga mengakibatkan hasil belajar IPA yang diperoleh siswa masih rendah. Hanya 18% yang mencapai KKM pada mata pelajaran IPA.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan metode pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDIT Al-Hikmah Kota Cirebon. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDIT Al-Hikmah Kota Cirebon pada semester ganjil tahun pembelajaran 2021/2022.Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas IV SDIT Al-Hikmah Kota Cirebon. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan metode pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDIT Al-Hikmah Kota Cirebon tahun pelajaran 2021/2022.

 Kata kunci: Think Pair Share; Learning Outcomes; Hasil Belajar IPA


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013.

Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., & Ibrahim, M. (2015). EFFECT OF BRAIN BASED LEARNING MODEL TO ABILITY OF CONCEPTS AND CREATIVE THINKING SKILLS FOR STUDENTS BASE ON ABILITY OF SCIENCE FOR STUDENT OF DEPARTMENT ELEMENTARY SCHOOL OF EDUCATION. UNDIKSHA PRESS, 98.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinnes, J., Deeks, J., Kirby, J., & Roderick, P. (2005). A methodological review of how heterogeneity has been examined in systematic reviews of diagnostic test accuracy. Health Technology Assessment (Winchester, England), 9(12), 1–113.

Kunandar. (2007). Guru profesional: implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada.

Pajar, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Universitas, F., Volume, R., & Cetak, I. (2017). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 001 BINAMANG

Purwanto, R. (2012). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadap Siswa Kelas Xi Ipa Sma Smart Ekselensia Indonesia Tahun Pelajaran 2010-2011. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 2(01), 55–65.

Riyanto, H. Y. (2014). Paradigma Baru pembelajaran: Sebagai referensi bagi pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan berkualitas. Prenada Media.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana. Jakarta. Kencana Prenada Grup.

Siagian, S. P. (2006). Sistem informasi manajemen.

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwandi, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 93. https://doi.org/10.21009/jpd.061.09

Winantara, I. W. D., & Jayanta, I. N. L. (2017). Penerapan model pembelajaran TPS untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 9–19.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats