Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Tema 2 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Carsinah Carsinah(1*), Lukman Ali(2), NUR AIVI AIVI(3),

(1) SD NEGERI 1 CILEDUG WETAN
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas 2 SD Negeri 1 Ciledug Wetan Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon dalam pembelajaran tematik tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 1. Dari 19 siswa baru 6 siswa atau sekitar 31% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri 1 Ciledug Wetan Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri1 Ciledug Wetan. Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM 37 % yaitu 7 siswa. Pada siklus pertama 12 siswa dari 19 anak atau 63,15 % siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 16 dari 19 anak atau 84,21% siswa mencapai KKM.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Kelas 2; Problem Based Learning.

 


Full Text:

PDF

References


Undang-Undang RI No.20 . (2003). Tentang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Fokus Media

Riyanto, Y. (2001). Metodologi Penelitian. Surabaya : SIC

Nawawi, H. (1983). Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Sapriya, Dadang, S., & Iim, S., M., (2006) . Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung : UPI PRESS

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sutikno, S. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Prospect

HermanAnis.com. (2011) Sintak Problem Based Learning. Website : www.hermananis.com https://hermananis.com/sintaks-problem-based-learning.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantaida Journal Vol. 7 No. 1 (2019) 1-100. https://media.neliti.com/media/publications/287750-metode-penerapan-model-pembelajaran-prob-b6fb960b.pdf

Nurhayati. Mardina, N., & Rianti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 88-95. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/96


Article Metrics

Abstract view : 331 times | PDF view : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats