Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Tema 2 Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
(1) SD NEGERI 1 CILEDUG WETAN
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas 2 SD Negeri 1 Ciledug Wetan Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon dalam pembelajaran tematik tema 2 Bermain di Lingkunganku Sub Tema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pembelajaran 1. Dari 19 siswa baru 6 siswa atau sekitar 31% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri 1 Ciledug Wetan Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 SD Negeri1 Ciledug Wetan. Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM 37 % yaitu 7 siswa. Pada siklus pertama 12 siswa dari 19 anak atau 63,15 % siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 16 dari 19 anak atau 84,21% siswa mencapai KKM.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Kelas 2; Problem Based Learning.
Full Text:
PDFReferences
Undang-Undang RI No.20 . (2003). Tentang SISDIKNAS Sistem Pendidikan Nasional. Bandung : Fokus Media
Riyanto, Y. (2001). Metodologi Penelitian. Surabaya : SIC
Nawawi, H. (1983). Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Sapriya, Dadang, S., & Iim, S., M., (2006) . Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS. Bandung : UPI PRESS
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta
Sutikno, S. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Prospect
HermanAnis.com. (2011) Sintak Problem Based Learning. Website : www.hermananis.com https://hermananis.com/sintaks-problem-based-learning.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantaida Journal Vol. 7 No. 1 (2019) 1-100. https://media.neliti.com/media/publications/287750-metode-penerapan-model-pembelajaran-prob-b6fb960b.pdf
Nurhayati. Mardina, N., & Rianti. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 88-95. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpds/article/view/96
Article Metrics
Abstract view : 2826 times | PDF view : 499 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats