Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Mengubah Pecahan Ke Bentuk Lain Melalui Metode Demonstrasi Kelas IV SD

Nurul Hidayati(1*), Lukman Ali(2), Nur Aivi(3),

(1) SD Negeri Mijen 1
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Kompleks IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Hasil Belajar Bahasa Matematika siswa kelas IVsemester I SD Negeri Mijen 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak belum menunjukkan nilai yang baik, karena belum sesuai KKM yang ditetapkan yaitu 75.. Peneliti kemudian memilih menerapkan metode pembelajaran Demonstrasi pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengubah pecahan ke bentuk pecahan lain pada pembelajaran matematika melalui metode demonstrasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan pengumpulan data, dan refleksi. Hasil penelitian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif, kemudian nilai tersebut dikelompokkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah. Melihat Hasil penelitian, perhatian anak dapat lebih dipusatkan pada proses pembelajaran, Proses belajar anak lebih terarah pada materi yang sedang dipelajari dan Pengalaman dan kesan sebagai hasil pembelajaran lebih melekat dalam diri anak, sehingga hasil belajar matematika pada meateri mengubah pecahan ke bentuk lain menunjukkan adanya peningkatan. Simpulan penelitian ini bahwa metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya materi mengubah pecahan ke bentuk pecahan yang lain kelas IV semester I SD Negeri Mijen 1 Kecamatan Mijen Kabupaten Demak.

 Kata Kunci : hasil belajar; matematika; mengubah pecahan;demostrasi.

 


Full Text:

PDF

References


Armaini Rina, Prayana Indra, Irianto Bambang, (2004), Matematika 4, Bandung: Acarya Media Utama.

Asmawi Zainul, Agus Mulyana. (2005), Tes dan Asesmen di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdikbud. (1998). Perkembangan dan Belajar Pesera Didik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

Herry Hernawan, Asep, dkk. (2013), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Karso. (1993), Usaha Meningkatkan Minat Kesadaran dan Motivasi Belajar pada siswa, Semarang: FPMIPA Semarang.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta; Kencana Prenada Media Group

Satori Djam’an, dkk. (2011), Profesi Keguruan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Suciati, dkk. (2007), Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim-FKIP UT. (2013), Pemantapan Kemampuan Profesional, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Tim Penatar. (1998), Penerapan Teori Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika, Makalah, Semarang

Wardani I. G. A. K., Kuswaya Wihardit. (2011), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka

Winatapura, H., Udin S. (2003), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 223 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats