Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar

Dwi Yuniati(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Irfan Mus(3),

(1) SD Negeri Purwodadi 02 Patimuan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Percontohan PAM Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini berdasarkan hasil obsevasi di SD Negeri Purwodadi 02 Patimuan. Masalah yang ditemukan adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 1. Nilai yang yang diperoleh peserta didik yang mencapai  kriteria ketuntasan minimal adalah 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Purwodadi 02 Patimuan yang terdiri dari 12 anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil observasi dan nilai tes dalam pembelajaran menunjukan peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 9 dari 12 anak atau 75% peserta didik sudah mencapai nilai ketuntasan minimal. Pada siklus II  nilai rata-rata peserta didik 11 dari 12 anak atau 91,6% sudah mencapai nilai ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

 Keywords: Problem Based Learning; Keaktifan; Hasil Belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Burhan Nurgiyantoro. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Iwan Sugiarto. (2011). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Utama.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.