Penggunaan Media Konkret Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Nofi Tri Wahyuningsih(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Muhammad Dahlan(3),

(1) SDN Tambakreja 06 Cilacap
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Kaccia
(*) Corresponding Author



Abstract


Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika tentang konsep dasar pecahan siswa kelas 2 SD Negeri Tambakreja 06 mendorong dilakukannya penelitian di SD Negeri Tambakreja 06 Cilacap Selatan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep dasar pecahan. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa maka diperlukan media dan metode pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah media konkret dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 Siklus yakni Siklus I dan Siklus II dan diawali dengan kegiatan Pra siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan RPP dan media sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan penggunaan media konkret dengan model pembelajaran Problem Based Learning.  Hasil penelitian menggunakan media konkret dengan model pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan.  Pada tahap pra siklus, diketahui bahwa nilai rata-rata 68 dengan prosentase Kriteria Ketuntasan Minimal masih 31,03%.  Kemudian pada siklus I diketahui bahwa nilai rata-rata siswa 79 dan prosentase Kriteria Ketuntasan Minimal meningkat menjadi 68,97%.   Pada Siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 86 dan prosentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal menjadi 89,65%.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media konkret dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan.

 Kata Kunci: Media Konkret; Problem Based Learning; Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


Adnyana, Wayan Arya. 2020. Model Problem Based Learning. Diakses pada 7 Desember 2021, dari https://bdkdenpasar.kemenag.go.id/berita/model-problem-based-learning.

Anindyta, P., & Suwarjo, S. 2014. “Pengaruh Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Regulasi Diri Siswa Kelas V”. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 209-222.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2020. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Nasution. 2013. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Setyawan, Ibnu Aji. 2018. Model Pembelajaran PBL : Pengertian Ciri-ciri Kelebihan Kekurangan dan Langkah Lengkapnya. Diakses pada 7 Desember 2021, dari https://gurudigital.id/model-pembelajaran-pbl-pengertian-ciri-ciri-kelebihan-kekurangan-langkah/.

Sumantri, Mulyani. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

_______________. 2020. Perkembangan Peserta Didik. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 4572 times | PDF view : 812 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats