Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Sifat-Sifat Magnet Kelas Vi Melalui Model Problem Based Learning

Hendra Subarnas(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Lisnawati Lisnawati(3),

(1) SD Negeri Sukanampa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Kompleks IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses peserta didik dalam pembelajaran sifat-sifat magnet dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian peserta didik kelas VI SD Negeri Sukanampa, Kota Cimahi yang berjumlah 33 peserta didik. Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan metode kualitatif agar dapat menguraikan data, memperbaiki dan meningkatkan kualitas serta hasil. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah butir soal, lembar observasi peserta didik dan lembar observasi guru. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan perbaikan keterampilan menganalisis perserta didik berdasarkan nilai pada LKPD kelompok maupun tes individu yang terus meningkat dari siklus ke siklusnya dengan perolehan rata-rata LKPD kelompok yaitu 81, 84 dan 89 serta ketuntasan belajar peserta didik dalam LKPD kelompok yaitu 75 %, 88% dan 97%, serta nilai rata-rata tes individu yaitu 76, 84 dan 90 serta nilai ketuntasan tes individu peserta didik yaitu 65%, 83% dan 96%. Selain itu juga terbukti dari antusiasme peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran, keaktifan peserta didik dalam melakukan percobaan, keterampilan peserta didik dalam menjelasakan dan menyimpulkan materi serta kerjasama yang baik antara kelompoknya masing-masing dalam berdiskusi kelompok dalam menyelesaikan LKPD. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dalam pembelajaran mengidentifikasi sifat-sifat magnet meningkatkan keterampilan proses peserta didik dan juga berdampak pada ketuntasan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL); Keterampilan Mengidentifikasi.


Full Text:

PDF

References


Joni Raka. (1998). Penelitian kelas Bagian Pertama. Jakarta : Proyek Pendidikan Guru Sekolah Menengah.

Kasbolah Kasihani E.S. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdikbud.

Mikarsa, dkk. (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Moedjiono, dkk. (992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan

Ruswandi, dkk. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : UPI Press

Sudirman, dkk. (1987). Ilmu Pendidikan. Bandung : Remadja Karya CV

Sukirman Dadang, dkk. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : UPI PRESS.

Wardhani IGAK, dkk. (2007). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 986 times | PDF view : 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats