Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pulutan

Tri Endah Supeni(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Alphian Sahruddin(3),

(1) SD Negeri 1 Pulutan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Bawakaraeng 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini didasari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas V SD. Data awal menunjukkan bahwa pada kelas V semester I banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Data hasil belajar dari 40 siswa, hanya 18 siswa (45%) yang mendapat nilai diatas KKM dan sisanya 22 siswa (55%) nilainya dibawah KKM. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu minat belajar siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, serta media kurang menarik. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pulutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif. Setelah dilaksanakan penelitian dalam 2 siklus didapatkan hasil yaitu : Keterampilan guru dalam pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siklus I memperoleh skor 23 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan skor 28 dengan kategori sangat baik.  Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 2,38 dengan kategori cukup dan meningkat pada siklus V dengan skor 2,91 dengan kategori baik. Ketuntasan belajar siswa siklus I adalah 62,5%, sedangkan pada siklus II ketuntasan meningkat menjadi 82,5%. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 1 Pulutan.

Keywords: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Kualitas Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofran Amri. 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutmainah, Siti. 2019. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajran Problem Based Learning (PBL) di kelas VI SD. Diunduh melalui https://widyasari-press.com/meningkatkan-kualitas-pembelajaran-dengan-model-pembelajaran-problem-based-learning/ (pada tanggal 26 September 2021, pukul 21:32)

Purba, Edward dan Yusnadi. 2014. Filsafat Pendidikan. Medan: Unimed Press.

Safrida, Mira. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD. Diunduh melalui https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/433 (pada tanggal 27 September 2021 jam 22:21 )

Setyaningrum, Monika. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada siswa kelas 5 SD. Hal. 99-108


Article Metrics

Abstract view : 134 times | PDF view : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats