Peningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Di Sekolah Dasar

Wawan Suwandi(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Nur Asia(3),

(1) SD Negeri 129 Bocco
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri KIP Bara Baraya I Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VI di SD Negeri 129 Bocco Kecamatan Takkalalla Tahun Pelajaran 2021/2022. Data penelitian tentang hasil belajar IPA diperoleh dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VI SD Negeri 129 Bocco Kecamatan Takkalalla yang berjumlah 11 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 75 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan IPA. Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Rata-rata persentase tingkat hasil belajar IPA siswa dari prestasi awal sebesar 36.36% dengan kreteria rendah menjadi 81,81% dengan kreteria sedang pada siklus I. Ini berarti terjadi peningkatan sebesar 45,45%. Terjadi peningkatan hasil belajar IPA setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dari prestasi siklus I sebesar 81,81% dengan kreteria sedang, menjadi 100% dengan kreteria tinggi pada siklus II. Ini berarti terjadi peningkatan sebesar 18,19%. Hal ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar Ipa. 


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A. Gede. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: STKIP Singaraja.

Amir, Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: BagaimanaPendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta : Prenada Media Group.

Depdiknas, 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Lampiran: Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Untuk SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, Muslimin dan Muhamad Nur. 2004. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Nurgiyantoro, Burhan, 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE, UGM.

Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata Soemadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 5539 7485)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats