Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Ingelin Narsita(1*), Latri Aras(2), Nazwar Muslan(3),

(1) SD Negeri Kuningan 01 Semarang
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASAR
(3) SDN Komp. IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas 3 SD Negeri Kuningan 01 Kota Semarang yang masih banyak berada di bawah KKM. Untuk itu peneliti menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan tujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Negeri Kuningan 01 Kota Semarang tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen penelitian berupa lembar observasi siswa dan guru untuk melihat ketercapaian penerapan model Problem Based Learning serta lembar evaluasi untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa semakin meningkat pada setiap tahapan siklus penelitian. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 45%, pada siklus II 63%, dan pada siklus III mencapai 95%. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning dapat diterapkan sebagai model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 di SD Negeri Kuningan 01 Semarang.

Kata kunci: Problem Based Learning; hasil belajar.



Full Text:

PDF

References


Amir, T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia

Arends, R.I. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrahman, M. (2015). Model-Mode Pembelajaran inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Fauziah, Delia Nurul. Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1 (1): 103-109.

Fitz Patrick, B., & Schulz, H. (2015). Do Curriculum Outcomes and Assessment Activities in Science Encourage Higher Order Thinking? Canadian Journal of Science, Mathematics, and Technology Education, 15 (2): 136-154. https://doi.org/10.1080/14926156.2015.1014074

Hosnan. (2014). Pendekatan Scientific dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Mulyasa. (2012). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: IKAPI.

Saputra, Maskhur Dwi. Developing Critical Thinking Skills through the Collaboration of Jigsaw Model with Problem Based Learning Model. International Journal of Instruction, 12 (1): 1077-1094.

Silva, A.B. Da, Bispo. (2018). Problem based learning: a proposal for structuring PBL and its implication for learning among students in an undergraduate management degree program. Gestao Magazine / revista de estao, 25(2), 160-177. https://doi.org/10.1108/REGE-03-2018-030

Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.


Article Metrics

Abstract view : 882 times | PDF view : 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats