Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Media Kartu Huruf di kelas I UPTD SDI Swakarsa

Dorkas Datu Pasauk(1*), Amrah Amrah(2), Muh. Kadir Karim(3),

(1) UPTD SDI SWAKARSA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 UPTD SDI Swakarsa. Permasalahan ini  disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah konsep pembelajaran yang kurang menarik karena guru kurang tepat dalam memilih dan menerapkan media yang efektif. Media yang digunakan  belum bervariasi karena hanya menggunakan papan tulis dan pembelajaran berpusat pada guru . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Swakarsa dengan menggunakan media kartu Huruf. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. pembelajaran membaca permulaan menggunakan media kartu huruf dilaksanakan dengan pengorganisasian siswa dalam kelompok . Langkah penelitian  disesuaikan dengan tahap pelaksanaan PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Tehnik analisis data menggunakan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan media kartu huruf terbukti dapat meningkatkan keterampilan  membaca  permulaan siswa kelas I  SD Inpres Swakarsa pada setiap siklus. Sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka peningkatan ini tergolong baik. Penggunaan media kartu huruf  yang juga berdampak pada peningkatan aktivitas dan kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Keterampilan Membaca Permulaan; Media Kartu Huruf.

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011.Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas.2000.Metodik Khusus Pengajaran Bahasa di Sekolah Dasar.Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasdem.

Jamaris,Martini.2015.Kesulitan BelajarPerspektif, Asesmen, dan Penanggualangannya.Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahim, Farida. 2008.Pembelajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Taufina.2016. Mozaik Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar.Bandung: Cv. Angkasa.

Suhrianati,2016 “Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pembelajaran Kartu Bergambar Siswa Kelas Satu” Jurnal Sagacious, Vol. 3, No. 1.

Somadayo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/, diakses tanggal 2 Juli 2021.


Article Metrics

Abstract view : 474 times | PDF view : 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats