Penggunaan Alat Peraga Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SD

Wening Indriati(1*), Latri Aras(2), Nazwar Muslan(3),

(1) SD Negeri 1 Sambirata
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Komp. IKIP I
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi  dalam pembelajaran Matematika di kelas II SD. Fokus masalah diuraikan sebagai berikut: Bagaimana penggunaan alat peraga konkret untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas II SD? Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi,  refleksi, dan  pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dengan lembar pengamatan dan penilaian kinerja. Langkah penelitian tersebut dilaksanakan dalam 3 siklus dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I  diperoleh data 68% hasil belajar siswa sesuai KKM. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh data 82% hasil belajar siswa sesuai KKM. Hasil penelitian siklus III diperoleh data 95% siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga konkret secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD. Maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan alat peraga konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD.

Kata Kunci: Alat Peraga Beton; Hasil Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. dan Asrori (2016). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ahmad Susanto. (2016). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Ali Hamzah dan Muhlisrarini.2016. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Ekawati (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Aceh: Jurnal Didaktik Matematika Vol. 1 April 2016.

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Amir Zubaidah dan Risnawati (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hamidah, K. dan Suherman, S. (2016). Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231-248.


Article Metrics

Abstract view : 608 times | PDF view : 148 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats