Penerapan Strategi VAK Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Plus Bakti Nusantara 666

Rudi Setiawan(1*), Hamza Pagarra(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) SD Plus Bakti Nusantara 666
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD INP Unggulan Toddopuli
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan  permasalahan yang terjadi yaitu modalitas siswa tidak diakomodir seluruhnya oleh guru serta respon yang ditunjukkan siswa menunjukkan ketidaksenangan sehingga hasil belajar siswa di bawah KKM yaitu 75,00. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) dari Elliot yang terdiri dari tiga siklus dengan menerapkan strategi belajar VAK ( Visual Auditori Kinestetik). Penelitian ini memiliki data yang diperoleh serta dianalisis dengan menggunakan teknik pengolahan data. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian yang didapat oleh peneliti di lapangan. Hasil penelitian tersebut berasal dari data wawancara, observasi, kuesioner.  Analisis data kuantitatif digunakan untuk melihat ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dan lembar skala sikap setelah menggunakan strategi pembelajaran VAK. Data tersebut berupa angka-angka dan ditulis dalam bentuk table. Setelah melakukan penelitian dengan memberikan perlakuan berdasarkan metode penelitian PTK dengan menerapkan strategi pembelajaran VAK peneliti memperoleh hasil peningkatan belajar disetiap siklusnya. Siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 60,89. Siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 78,00. Pada siklus III juga mengalami peningkatan yaitu 84,09 untuk nilai rata-rata kelas. Respon siswa juga menunjukan respon positif oleh karena itu strategi pembelajaran VAK direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: Strategi VAK; Respon Siswa; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2011). Penelitian Pendidikan Dalam Gamitan Pendidikan Dasar dan PAUD. Bandung: Rizqi Press.

Ali, Mohammad. (2009).Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: PT IMTIMA.

Darmodjo, Hendro dan Kaligis,R.E.J. (1992).Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

De Porter, Bobbi. (2002). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Ma’arif, Syamsul. (2011).Guru Profesional Harapan dan Kenyataan.Semarang: Walisongo Press.

Sagala, Syaiful. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.

Susana, Tjipto. (2000). Pr Dan Pembelajaran Sulit Menjadi Menyenangkan. Yogyakarta: Kaninus.

Susilawati, W. (2009).Belajar dan Pembelajaran Matematika. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.

Tim Pengembang FIP-UPI. (2007). Ilmu Aplikasi Pendidikan. Jakarta: PT IMTIMA.


Article Metrics

Abstract view : 274 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats