Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Project Based Learning Siswa Kelas IV
(1) SD NEGERI 167 BARU 1
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 1 PADUPPA
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kela IV SDN 167 Baru I melalui model Project Based Learning). Nilai penilaian harian mata pelajaran IPA siswa masih rendah. Dari 12 siswa, hanya 2 siswa yang nilainya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yakni ≥ 70. Penyebabnya adalah guru masih mengajar dengan metode ceramah. Sedangkan siswa hanya duduk rapi mendengarkan penjelasan dari guru. Solusinya adalah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. diakhir siklus diberikan tes . Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 167 Baru I. Subyek Penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 12 siswa. Obyek penelitian adalah hasil belajar IPA. Tehnik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar IPA . Tekhnik analisis data adalah analisis deskriptif. Indikator keberhasilan adalah jika hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan dengan mininal 80 % siswa memperoleh nilai tes ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Project Basic Learning Dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa
Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar; Sains; Pembelajaran Dasar Proyek; Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R.S. 2014 . Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Aqib Zainal. 2014. Model-Model Pembelajaran. Yrama Widya.Jakarta
Arikunto, Suharsimi 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers
Nursiah.2021. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Tipe Picture And Picture Siswa Kelas IV SD. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 2 (1), 2-3, from https://ojs.unm.ac.id/TPJ
Article Metrics
Abstract view : 85 times | PDF view : 30 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats