Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Project Based Learning Siswa Kelas IV

Nining Angriani(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Asriani Arifuddin(3),

(1) SD NEGERI 167 BARU 1
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 1 PADUPPA
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar IPA siswa kela IV SDN 167  Baru I melalui model Project Based Learning).  Nilai penilaian harian mata pelajaran IPA siswa masih rendah. Dari 12 siswa, hanya 2 siswa yang nilainya mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yakni ≥ 70. Penyebabnya  adalah guru masih mengajar dengan metode ceramah. Sedangkan siswa hanya duduk rapi mendengarkan penjelasan dari guru. Solusinya adalah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. diakhir siklus diberikan tes .  Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 167 Baru I. Subyek Penelitian adalah siswa kelas IV  sebanyak 12 siswa. Obyek  penelitian adalah hasil belajar IPA. Tehnik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi.  Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar IPA . Tekhnik analisis data adalah analisis deskriptif.  Indikator keberhasilan adalah jika hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan dengan mininal 80 % siswa memperoleh nilai tes ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Project Basic Learning Dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswa 

Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar; Sains; Pembelajaran Dasar Proyek; Sekolah Dasar



Full Text:

PDF

References


Abdullah, R.S. 2014 . Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib Zainal. 2014. Model-Model Pembelajaran. Yrama Widya.Jakarta

Arikunto, Suharsimi 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Haryanto. 2007. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Erlangga.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Nursiah.2021. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Tipe Picture And Picture Siswa Kelas IV SD. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 2 (1), 2-3, from https://ojs.unm.ac.id/TPJ


Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats