Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Melalui Model Pembelajaran PBL SD Negeri 1 Gumul
(1) SD Negeri 1 Gumul
(2) Universitas Negeri makassar
(3) SD Inpres Bisara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas III SD Negeri 1 Gumul. Penelitian ini dilakukan di Gumul, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Gumul yang berjumlah 8 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh: (1) Nilai rata-rata hasil belajar sebelum dilakukan penelitian yaitu 70,27 dengan persentase ketuntasan belajar 42,50%, kemudian dilakukan tindakan siklus I rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 75,23 dengan persentase ketuntasan belajar 50%, dan setelah dilakukan tindakan siklus II rata-rata hasil belajar lebih meningkat menjadi 80,23 dengan persentase ketuntasan belajar 75%; (2) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran yaitu 60,60% pada siklus I dengan kriteria “tinggi” dan meningkat menjadi 75% pada siklus II dengan kriteria “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III Semester I di SD Negeri 1 Gumul, Karangnongko, Klaten, Jawa Tengah tahun pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Aziz Saefudin. 2012. Meningkatkan Profesionalisme Guru dengan PTK. Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Asep Jihad dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno. 2008. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendyat Soetopo. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran; (Teori, Permasalahan dan Praktek). Malang: UMM Press.
J. J. Hasibuan dan Moedjiono. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rochiati Wiriaatmadja. 2012. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2001. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. 2009. Kurikulum Dan Pembelajaran; Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zainal Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Article Metrics
Abstract view : 439 times | PDF view : 130 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats