Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI

Rusmawati Rusmawati(1*), Nurfaizah AP(2), Rijal Rijal(3),

(1) SDN 041 Lemo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT. SPF. SDI. Unggulan Puri Taman Sari
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 041 Lemo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 041 Lemo Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yakni pada pra siklus ketuntasan belajar siswa sebesar 35,7%, kemudian ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 71,4% pada siklus I dan ketuntasan belajar siswa meningkat lagi pada siklus II menjadi 100%.


Full Text:

PDF

References


Muniroh, Alimul. 2015. Academic Engagement, Penerapan Model Problem Based Learning di Madrasah. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

https://educhannel.id/blog/artikel/hasil-belajar.html

Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Suhrsimo Arikunto.,Suhardjono dan Supardi.2015.Penelitian Tindakan Kelas,Edisi. Revisi.Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Abidin, Yunus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Terry Barrett. (2011). New Approaches to problem based learning. Dublin: University College Dublin

Arends, Richard I. (2007). Learning to Teach Seventh Edition. New York: The. McGraw Hill Companies

Tan, Oon-Seng. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to. Power Learning in 21st Century. Singapore: Thompson Learning


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats