Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Problem Based Learning Siswa Kelas V SDN 1 Bentangan Tahun 2021/2022

luk endang fetriyah(1*), andi makkasau(2), syahrani syahrani(3),

(1) SD Negeri 1 Bentangan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran IPA di kelas V. Data awal yang di dapatkan menunjukkan bahwa pada kelas V semester I banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Data hasil belajar dari 31 siswa, hanya 13 siswa (41,93 %) yang mendapat nilai diatas KKM dan 18 siswa (58,07%) nilainya dibawah KKM. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas. Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I dari 31 siswa, 20 siswa (64,51%) nilai diatas KKM dan 11 siswa (35,49%) nilai di bawah KKM. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 27 siswa (87,10%), nilai diatas KKM dan 4 siswa (12,90%), nilai dibawah KKM.

 Kata Kunci: Pembelajaran IPA; Hasil Belajar; Problem Based Learning.

 


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publish.

Bayu,W,G, & Devy,S.P. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 8(2), 238-252.

Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematikamelalui Metode Drill Dan Diskusi Kelompok Pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria : Jurnal Pendidkan Dan Kebudayaan, 7(3), 283–291.

Kartika, N. W. B., Murda, I. N., & Dharmayanti, P. A. (2017). Pengaruh Model PBL Berbantuan Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–11.

Nuraini. F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E-jurnalmitrapendidikan, 1 (4), 369-378.

Oktari, S., Koeswati, H. D., & Giarti, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual Kelas IV SD. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 316-323.

Oktaviani, L., Dantes, N., & Sadia, I. W. (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 4(1); 1-11.

Pamungkas, A. D. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 4 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Vol.3, 287-293.

Pramudya, E, Kristin,F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (2), 320-329.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Safrida. M., & Kristian A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI.Bina Gogik, 7(1), 53–65.

Sudana, I. P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Walfajri. R,U & Harjono N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Muatan Ipa Melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 Sd. Jurnal Basicedu: Jurnal Basicedu, 3(1), 16–20.

Waslina, E., F, F., Fitria, Y., & Mudjiran. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2).

Winoto, Y. C., & Tego Prasetyo. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238.

Yudiana K. Dantes N., & Tiarini (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Mimbar Ilmu, 24 (3),299-309.


Article Metrics

Abstract view : 442 times | PDF view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats