Pengaruh Peran Guru Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 Di Sd Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak

Santi Rustiani(1*), Muhammad Faisal(2), Abdul Muhsin(3),

(1) SD Negeri Margolinduk
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN KAKATUA
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. (2) Menganalisis pengaruh peran lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Bonang Kabupaten Demak sebanyak 144 siswa, yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 99 siswa yang diambil dari data populasi dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan rumus Slovin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode ex post facto. Ada 3 macam variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini yang terdiri atas 2 (2) variabel bebas (independent variable) dan satu (1) variabel terikat (dependent variable). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kedalam kategori tinggi yaitu sebesar 77,5%. Sedangkan peran lingkungan sekolah berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kedalam kategori sedang yaitu sebesar 23,6%.

 Kata Kunci: Pengaruh Peran Orang Tua; Lingkungan Sekolah; Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Kadir, Abdul. 2014. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Gruop.

Mahmud YH. 2016. Pengaruh Lingkungan dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Gugus 1 Se-Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Artikel https://osf.io/preprints/inarxiv/52a7w/

Oluwajana Dokun etc. 2019. The Adaption of Students’ Hedonic Motivation System Model to Gamifiel Learning Environment. J. Theor. Appl. Electron. Commer. Res, Vol.14, No.3 http://dx.doi.org/10.4067/S0718-18762019000300109

Sucia Vianesa. 2016. Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Komunii, Vol.VIII.No. 2

http://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/2942

Sugiasih Putu. 2015. Pengaruh peran Guru Sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Se-Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), Vol.5, No.1

Tatang, S. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Utomo Prio Danang, Majdi M., Rizqi Ayu Yanti. 2017. “Pengaruh Lingkungan Belajar dan Peran Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Masbagik Tahun Pelajaran 2016/2017”. JPEK, Vol.1, No.1, Hal 1-7

Yusuf, Syamsudan Nani Sugandi. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press.

Zulfahyar. 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah, Peran Guru, Dan Minat Siswa Terhadap Motivasi Belajar Penjas Siswa SMK Swasta Yapmi Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 539 times | PDF view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats