Problem Solving Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Luas Bangun Datar SD

Anang Yusup(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Andi Muhamad Amir(3),

(1) UPT SD Negeri Siraman 01 Blitar
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) SD Pertiwi Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi Luas Bangun Datar Kelas IV UPT SDN Siraman 01. Adapun metode yang digunakan adalah tipe Problem Solving. Model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving adalah belajar memecahkan masalah (Bahri Djamarah, Syaiful dan Zain, Anwar, 2016: 19).. Hasil pengamatan yang ditunjukkan pada lembar observasi pada tebel 4.3 menunjukkan bahwa aktifitas guru/peneliti pada pertemuan 1 dan 2 memiliki presentase rata-rata 73% dapat dikatakan bahwa aktifitas guru/peneliti berada pada kategori baik. Sedangkan aktifitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 memiliki presentase rata-rata 72% dapat dikatakan bahwa siswa berada pada kategori baik. Hasil tes pada pertemuan I yang diberikan oleh peneliti dapat dilihat pada tabel 4.4, sesuai KKM yang ditentukan yaitu 70, Skor rata-rata hasil tes pertemuan I adalah 66 dengan siswa yang memperoleh nilai > 70% sebanyak 46,67 %. Sebagian besar siswa sudah menyelesaikan soal-soal, namun banyak juga siswa yang pemahamannya masih kurang. Sedangkan skor rata-rata hasil tes pada pertemuan II adalah 72 dengan siswa yang memperoleh nilai ≥ 70% sebanyak 66,67 %. Disini terlihat adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pertemuan I dan pertemuan II. Kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan tercapai. Tujuan peneliti menerapkan metode Problem Solving adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPT SDN Siraman 01 pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang. Pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Solving berhasil dalam memecahkan masalah.

Keywords: Keaktifan, hasil belajar, Luas bangun datar, koooperatif, Problem Solving


Full Text:

PDF

References


Anitah W.DKK, Sri. (2014). Strategi Pmbelajaran di SD. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka

Bahri, Djamarah S dan Zain, Aswan. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Departemen pendidikan dan kebudayaan. (2019). Kamus besar bahasa Indonesai. Jakarta: Balai Pustaka

Ismienar, Swety dkk. (2019). Makalah “Thingking”. Malang:Universitas Negeri Malang

Kasbolah, Kasihani. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Malang:Depdikbud DirjenProyek Pendidikan Guru SD

Krisna. (2019). Pengertian dan Ciri-Ciri Pembelajaran. (online). Diakses pada tanggal 31 Oktober 2020

Mahmudi, Ali. (2020). Makalah “Mengukur Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis”. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta

Rozali, (2008). Proses Berfikir. (online). Diakses pada tanggal 3 Nopember 2020

Slameto, 2020. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2019). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Trianto, 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya:Prestasi Pustaka

Wiriaatmadja, Rochiati. (2010). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:PT.Remaja Rosdakarya Offset


Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats