Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar di Sekolah Dasar

Rina Mulati(1*), Hamzah Pagarra(2), Abdul Rahim(3),

(1) SD NEGERI 1 MAJAPURA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Hasil pengamatan selama pembelajaran daring baik keaktifan siswa dalam belajar dan hasil belajar mulai menurun. Terlihat pada saat uji coba pra siklus sebelum dilakukan dengan pemberian tindakan berupa  model  pembelajaran Problem  Based Llearning (PBL) hasil belajar banyak yang tidak tuntas sesuai capaian pembelajaran. Peneliti akhirnya mencoba untuk penerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada  kompetensi dasar dalam meningkatkan mutu pembelajaran juga dengan menggunakan whatssapp group . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif, keterampilan peserta didik serta keaktifan peserta didik dengan menerapkan model PBL lebih baik daripada pembelajaran secara konvensional khususnya pada kompetensi dasar strategi dalam meningkatkan mutu pembelajaran berjarak atau menggunakan WA-Group dan zoom. Diperoleh hasil yang meningkat dari siklus pertama hingga siklus kedua. Persentase ketuntasan peserta didik kelas V SD N 1 MAJAPURA pada siklus I sampai 2 menggunakan model pembelajaran PBL masing-masing siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pengetahuan peserta didik dan sesuai dengan indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu sebesar 59,82% dari jumlah siswa pada siklus I hasil penelitian siklus ke 2 proses belajar telah mengalami peningkatan, diperoleh data 82,35% siswa telah menunjukan keaktifan peningkatan memuaskan pada siklus ke 2 yang menunjukan 82,35% siswa telah aktif dalam mengikuti pembelajaran di sekolah.

 


Full Text:

PDF

References


Aisyah Nurjanah, S., & Aryani, A. (2020). Meningkatkan Hasil Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 14(2), 219–233. https://doi.org/10.38075/tp.v14i2.121

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminarid.com/semnas-sainteks2019.html

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats