Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) Siswa Kelas V SD

Muhadi Muhadi(1*), H. Kamaruddin(2), Hairuddin Hairuddin(3),

(1) SD Negeri 18 Bajoe
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Bisara Kab. Gowa
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 18 Bajoe Kabupaten Bone. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 18 Bajoe Kabupaten Bone pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 14 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 63 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 35,7% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 85,7%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL); Hasil Belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Dewi Yulianti. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPA.

Guntara, Suarja dan Nanci. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1) 2

Maarif, Hanafi dan Wahyu. (2015). Eksperimentasi Problem Based Learning Dan Circ Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria, 5 (2) 5

Machali, Imam. (2014). Kebijakan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3 (1) 2

Mawardi. (2014). Pemberlakuan Kurikulum SD/MI Tahun 2013 dan Implikasinya Terhadap Upaya Memperbaiki Proses Pembelajaran Melalui PTK. Scholaria, 4 (3) 4

Monika Setiyaningrum. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah.

Mustamilah. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan masalah dan Hasil Belajar Mengguanakan Model Problem Based Learning Pada Sub Tema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Gosono- Wonosegoro. Scholaria, 5 (1) 3

Giarti, Sri. (2014). Implementasi Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika menggunakan Model PBL terintedrasi Penilian Autentik Pada Siswa Kelas VI SD N 2 Bengle Wonosegoro. Scholaria, 4 (3) 3

Wulandari, Bekti dan Herman Dwi Surjono. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3 (2) 4


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats