Peningkatan Hasil Pembelajaran Melalui Model Problem Basic Learning di Kelas 1 SD

Asriani Anwar(1*), Zaid Zainal(2), Taslim Tawil(3),

(1) SD Inpres 12/79 Pattimpa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Perumnas IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Praktik Pengalaman Lapangan merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa keguruan. Pelaksanaan mata pelajaran Praktik Pengalaman Lapangan  adalah mata pelajaran dalam bentuk praktek pengalaman lapangan sebagaimana kegiatan guru di sekolah-sekolah umumnya. PPL ini dilaksanakan di SD Inpres 12/79 Pattimpa dengan tahapan kegiatan yaitu, persiapan sarana dan prasarana. Model pembelajaran yang diterapkan yaitu Model Problem Based Learning. Kasus yang ditemukan pada siklus 1 yaitu perekaman video yang tidak sempurna, siswa tidak memenuhi protokol Kesehatan, dan kemampuan menemukan solusi dari masalah yang diberikan masih diperlukan kreatifitas peserta didik. Kasus yang ditemukan pada siklus 2 yaitu warga sekolah dan masyarakat yang belum mengetahui diadakannya Praktik Pengalaman Lapangan ini terganggu serta budaya positif disiplin dari siswa kurang dilaksanakan dengan baik serta peserta didik masih kerrang percaya diri dalam mengekspresikan ide dan pendapatnya. Pada siklus 3 kasus yang ditemukan pada siklus 1 dan siklus 2 tidak terulang lagi. Saran untuk perbaikan praktik mengajar bagi praktikan diharapkan selalu memperhatikan dan memberikan arahan kepada siswa untuk tetap menjaga protokol Kesehatan, pentingnya mendidik anak terhadap budaya positif serta melakukan pembelajaran daring secara syncronus, serta selalu memperhatikan sintaks model pembelajaran yang digunakan.

Kata Kunci: Problem Basic Learning; Protokol Kesehatan; Praktik Pengalaman Lapangan.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal, (1991) Evaluasi Instruksional, Prinsip-teknik-prosedur, Cetakan ke-3 Bandung: P.T Remaja Rosdakarya

Furqon (2001) Evaluasi Belajar di Sekolah, Mimbar Pendidikan No.3 Tahun XX, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hasan,S.Hamid, (1988) Evaluasi Kurikulum, Jakarta : P2LPTK-Ditjen-Dikti-Depdikbud.

Lidinillah, Dindin Abdul Muiz (2013) Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).”

Suryadi (2017). “ Manajemen Mutu Berbasis Sekolah”. PT Sarana Panca Karya Nusa

https://id.theasianparent.com/membangun-kreativitas-anak diakses 24 November 2021

https://hot.liputan6.com/read/4450321/kreativitas-adalah-kemampuan-menciptakan-ide-baru-yang-dimiliki-seseorang


Article Metrics

Abstract view : 258 times | PDF view : 190 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats