Pemanfaatan Media Video Pembejaran Mampu Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Paopale Laok 4 Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Rachmat Hidayat(1*), Zaid Zainal(2), Yusmira Yusmira(3),

(1) SDN Paopale Laok 4 Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) SDN Paccinang
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan media video pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN Paopale Laok 4 Ketapang yang dilatar belakangi masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran selama ini guru hanya menggunakan media yang monoton dan tidak menarik minat belajar siswa sehingga kebanyakan hasil belajar tidak mencapai KKM . Rumusan masalah diuraikan sebagai berikut: Bagaimana pemanfaatan media vidio pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Paopale Laok 4 semester 1 serta menggunakan pembelajaran Problem based learning. Metode serta Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan lembar pengamatan dan penilaian kinerja. penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi dan test untuk pengumpulan data. Dalam menggunakan metode observasi cara yang paling efektif adalah melengkapinya dengan format atau blangko pengamatan sebagai instrument. Hasil penelitian pada prasiklus Dari 20 siswa hanya 45 % atau 9 siswa tuntas yang mencapai Kriteria Ketuntas Minimal (KKM) dan 55 % atau 11 siswa belum tuntas pada siklus 1 ketuntasan siswa dalam belajar berjumlah 10 dari jumlah keseluruhan       20 siswa dengan persentase ketuntasan 50%. Pada siklus 2 hasil kegiatan keaktifan siswa tampak ada peningkatan yang cukup baik. Hal ini terbukti rata-rata hasil keaktifan siswa mencapai 80% dengan kriteria keberhasilan tergolong baik. pada aspek keaktifan bertanya siswa yang aktif bertanya meningkat menjadi 39%, (2) pada aspek menjawab pertanyaan meningkat menjadi 43%, (3) pada aspek diskusi kelompok meningkat menjadi 41%.Siswa yang tuntas dalam belajar berjumlah 20 dari jumlah keseluruhan 20 siswa dengan persentase ketuntasan 100%. Jumlah nilai hasil belajar yang diperoleh siswa mencapai rata-rata 80,4. Temuan penelitian menunjukkan media vidio pembelajaran mampu menarik perhatian siswa dalam pembelajaran siswa kelas IV SDN Paopale Laok 4 Ketapang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media vidio pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Paopale Laok 4 Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Problem Based learning;  keaktifan belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Arief S Sadiman. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujaun Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Eko Putro Widoyoko. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Patta Bundu. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Rita Eka Izzaty dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press

Rudi Susilana dan Cepi Riyana. (2008). Media Pembelajaran: Hakikat,Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung:CV Wahana Prima

http://su28he12rm19an90.blogspot.com/2015/09/kelebihan-dan-kekurangan-media-video.html. Diakses 15 Oktober 2019


Article Metrics

Abstract view : 81 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats