Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Open-Ended Siswa Kelas IV UPT SPF SD Inpres Perumnas IV Makassar

Astrayana Astrayana(1*), Hamzah Pagarra(2), Dwipita Reski(3),

(1) UPT SPF SD Inpres Perumnas IV
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Bontocinde
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menerapkan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan pendekatan Open-Ended dikelas IV UPT SPF SD.Inpres Perumnas IV Makassar. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD. Inpres Perumnas IV Makassar, sebanyak 22 orang siswa yang terdiri dari 7 orang perempuan dan 15 orang laki – laki pada tahun pelajaran 2020/2021 semester genap. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan dan 1 kali evaluasi dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar. Rata – rata hasil akhir siklus I adalah 64,31 meningkat menjadi 80,90 pada siklus II dan ketuntasan belajar 54,54 % pada siklus I meningkatkan menjadi 95,46 % pada siklus II. Aktivitas siswa juga meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkat pada kelas IV UPT SPF SD.Inpres Perumnas IV Makassar.


Full Text:

PDF

References


Afgani, Jarnawi. (2009). Penerapan pendekatan Open-ended. Diunduh melalui http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/196805111991011-JARNAWI_AFGANI_DAHLAN/Perencanaan_Pembelajaran_Matematika/open-ended.pdf (pada tanggal 29 September 2021 Pukul: 23.00).

Ahmad, Andi. (2009) .Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda Cair Melalui Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SDN 6 Tambun Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar isi. Jakarta : Mendiknas.

Depdiknas. (2010). Kurikulum Standar Ketuntasan. Jakarta: Depdiknas.

Haling, dkk .(2007). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Husnaeni. (2001). Membangun konsep segitiga melalui penerepan teori Van Hiele pada siswa kelas IV SD. Malang: PPS Univerisitas Negeri Malang.

Heruman. (20070. Metode Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Rosda Karya.

Mappasoro. (2008). Belajar dan Pembelajaran .Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nurhasanah, dkk. (2007). Kamus Besar Bergambar Bahasa Indonesia Untuk SD dan SMP. Jakarta : PT.Bina Sarana Pustaka.

Ratumanan. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Surabaya:UnesaUniversity Pers.

Sagala, Saiful. (2006). Konsep dan Makna pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.

Sahabuddin. (2007). Mengajar dan Belajar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Subarinah, Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Ketenagaan.

Maswins. (2010). Definisi Matematika. Diunduh melalui Http://www.maswins.com/2010/06 (pada tanggal 26 September 2021, Pukul: 20.05).

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Univeritas Pendidikan Indonesia. 129-130

Trisnawati. (20013). Definisi Pendekatan Open Ended. Diunduh Melalui http://trisniawati87.blogspot.com/2013/05/pendekatan-open-ended-dalam_5090.html (Pada tanggal 26 September 2021, Pukul 20.30).

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian I. Bandung : PT.Imperial Bhakti Utama. Vol 1 1256-1258.

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian II. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama. Vol 2 1376-1378.

Wahyuningsih. (2003). Pembelajaran Melalui Masalah Berakhir-Terbuka untuk Meningkatkan pemahaman Pecahan Senilai Siswa Kelas IV SD Negeri Ngaliyan Semarang. Malang : Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Wihardjo,Edy.dkk. (2009). Penerapan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan Hasil Belajar. Diunduh melalui https://mat.or.id/blog/abstrak-penerapan-open-ended/ (pada tanggal 27 Sepetember 2021 pukul 17.00).

Yanawat, Poppy. (2003). Pembelajaran dengan Pendekatan dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Bandung: Program Pasca Sarja. Universitas Pasundan Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 131 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats