Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas V

Isnaini Isnaini(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Andi Muhammad Amir(3),

(1) SD Inpres Lombang-Lombang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Pertiwi Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas V SD Inpres Lombang-Lombang. Kegiatan ini dilaksanakan pada siklus 1 dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu mulai tanggal 01 Juli  sampai 14 Juli 2021 di SD Inpres Lombang-Lombang. Kegiatan pembelajaran sebelumnya dilakukan identifikasi masalah yaitu peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, kurang terlibat dalam proses pemecahan masalah. Berdasarkan identifikasi tersebut disusun rumusan masalah bagaimana penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Solusi dari permasalah tersebut yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Adapun langkah-langkah dari Problem Based Learning (PBL) adalah orientasi peserta didik terhadap masalah, mengorientasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas V SD Inpres Lombang-Lombang, terlihat peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran karena dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran khususnya dalam pemecahan masalah sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik di kelas V SD Inpres Lombang-Lombang.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL); Keaktifan belajar.



Full Text:

PDF

References


AM Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Arends, Richard I.2008.Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar).Pustaka Pelajar:Yogayakarta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajawali Pers

Depdiknas. 2013. Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin : Aswaja Pressindo.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta :Bumi Aksara.

Winataputra, Udin S. dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wisudawati, Asih dan Sulistyowati, Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

https://www.ruangguru.com/blog/tingkatkan-keaktifan-siswa-dengan-metode-pembelajaran-problem-based-learning diakses pada tanggal 9 November 2021.

https://bertema.com/sintaks-model-problem-based-learning-pbl-dalam-pembelajaran diakses pada tanggal 10 November 2021.

Nurul. A., Ani R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis

Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi Siswa Smp. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/upej.v9i1.38274


Article Metrics

Abstract view : 1842 times | PDF view : 394 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats