Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan TPACK Dengan Media Microsoft Powerpoint

Heny Irawati(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Fadilah Idris(3),

(1) SD Negeri 3 Mayahan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Nusa Harapan Permai
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan TPACK Dengan Media Microsoft Powerpoint didasari pada hasil belajar siswa pada masa pandemi covid-19 yang rendah dengan pembelajaran secara  daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Microsoft Power Point sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di masa pandemi covid-19. Subyek dari penelitian ini adalah semua peserta didik kelas 3 SD Negeri 3 Mayahan pada tahun ajaran 2021/2022. Adapun objek yang diteliti adalah Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan aplikasi Microsoft Power Point sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil ini telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu berdasarkan nilai Kriteria ketuntasan minimum. Melihat kenyataan tersebut, jelaslah bahwa penggunaan aplikasi Microsoft Power Point dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri 3 Mayahan secara daring di masa pandemi covid- 19.

Kata kunci: Penelitian, Media PowerPoint, Hasil belajar



Full Text:

PDF

References


A Catur Hadi Purnomo. 2011. Panduan belajar otodidak microsoft office powerpoint 2010. Jakarta : Mediakita.

Alya Qonita. 2011. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : PT Indah Adipratama.

Em Zul, Fajri. Ratu Aprilia, Senja. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang : Publisher Difa.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2017. Peduli Terhadap Mahluk Hidup. Solo : PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Medali. 2021. Buku Guru Tema 1 Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Surakarta : Indonesia Jaya

Medali. 2021. Buku Siswa Tema 1 Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Surakarta : Indonesia Jaya

Mishra, et al. 2006. A Framework for Teacher Knowledge. Jakarta : -

S Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: RoSDa Karya.

Suharso. Retnoningsih, Ana. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang : Widya Karya

Verawati, Erhans. 2008, Microsoft PowerPoint 2007. Cirebon: PT Ercontara. William C Croin. 1980. Theoris of Development, Concept and Applications. New Jersey: Prentice Hall,Inc.


Article Metrics

Abstract view : 335 times | PDF view : 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats