Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SDN 138 Inpres Puca

Bahri HB(1*), Widya Karmila Sari Ahmad(2), Juliadi Juliadi(3),

(1) SDN 138 Inpres Puca
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri BTN IKIP
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning yang dapat meningkatkan  hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 138 Inpres Puca. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sementara  fokus penelitian adalah penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 138 Inpres Puca. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN 138 Inpres Puca. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar IPA. Peningkatan itu dapat dilihat dari hasil belajar IPA pada siklus I dengan kualifikasi cukup dengan presentase 50% dan meningkat menjadi kategori baik di siklus II dengan presentase 85,71%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA  siswa kelas V SDN 138 Inpres Puca.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL); Hasil belajar Siswa.


Full Text:

PDF

References


Julianto, dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.

Cahyo, Agus N. 2012. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: Diva Press

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tampubolon, Saur. 2014. Pemanfaatan penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Erlangga.Toharudin, Uus, dkk. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora


Article Metrics

Abstract view : 722 times | PDF view : 159 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats