Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca di SDN Somokaton 1

Istiqomah Istiqomah(1*), Hamzah Pagarra Pagarra(2), Abdul Rahim Rahim(3),

(1) SDN SOMOKATON 1
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini tentang penerapan model problem based learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar. Pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran berpusat pada guru dan tanpa melibatkan siswa sehingga kurang menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar dan siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Model problem based learning berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran berbasis masalah Problem Based Learning (PBL) pada Bahasa Indonesia guna meningkatkan terampil membaca di kelas 2 Sekolah Dasar.

 Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL); Keterampilan Membaca.


Full Text:

PDF

References


Alim, Bahri.2009. Sistem Pembelajaran Abad 21 dengan Project Based Learning (PBL). Diambil dari http://www.ubb.ac.id/menulengkap.php?judul=Sistem%20Pembelajaran%20Abad% 2021%20dengan%20%3CQ%3EProject%20Based%20Learning%20(PBL)%3C/Q% 3E&&nomorurut_artikel=252.

Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Anggari, Anggi.2017.Pahlawanku kelas 4 buku tematik terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Anggari, Anggi.2017.Pahlawanku Kelas 4 Buku tematik terpadu kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. 2009. Statistika Dasar Untuk Penelitian (jilid 2). Surakarta: UNS Press.

Bintari, Ni Luh GRP dkk. 2014. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Saintifik (Problem Based Learning) Sesuai Kurikulum 2013 di Kelas VII SMP Negeri 2 Almapura.” e- Journal Program Pascasarjana Universita Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Vol. 3

Kartini.2013.”Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PTK Siswa Kelas VIID SMP Negeri

Sawit Tahun Ajaran 2012/2013)”. Surakarta: Skripsi FKIP UMS (tidak diterbitkan).

Rahman, A.Abdur.2015.”Mewujudkan Pendekatan Saintifik dalam Kelas Matematika”. (Online), http://www.researchgate.net/publication/273635784, diakses pada 24 Oktober 2015.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudarman. 2007.” Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Jurnal Pendidikan INOVATIF/ Vol. 2 No.2.68-73.


Article Metrics

Abstract view : 4425 times | PDF view : 1452 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats