Peningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI Melalui Model Pembelajaran PBL Dengan Media Audiovisual

Ulfiani Ulfiani(1*), Nurhaedah Nurhaedah(2), Andi Muhammad Amir(3),

(1) UPTD SD Negeri Polo Camba
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Pertiwi Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI UPTD SD Neg.48 Barru. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI UPTD SD 48 Barru pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan 2 cara yaitu melalui tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil yang diperoleh pada siklus I menunjukkan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 50 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar  66,0 dimana standar daviasinya 9,67. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 65 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,5 dan standar daviasinya 7,97. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 40% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 80%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Problem Based Learning; IPA; media audiovisual; hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I.2008.Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar).Pustaka Pelajar:Yogayakarta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajawali Pers

Daryanto.2012. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. 2013. Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin : Aswaja Pressindo.

Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). 2012. Result os Programme for International Student Assessmen (PISA). Diunduh di

http://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?primaryCountry=IDN&treshold=10&topic=PI , tanggal 20 Oktober 2021.

Saputra, Agus Bayu, L Pt. Putrini Mahadewi, dan Gd. Raga. 2014. Implementasi model pembelajaran vak berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IVB SD no. 2 Banyuasri. Vol 2(1)

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswantara, I Gd Agus, I. B. Surya Manuaba, dan I Gd. Meter. 2013. Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 8 Kesiman. Vol 1

Trianto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta :Bumi Aksara.

Winataputra, Udin S. dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wisudawati, Asih dan Sulistyowati, Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 661 times | PDF view : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats