Peningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 5
(1) SD Negeri Purwosari 01
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Nusa Harapan Permai
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian peningkatan aktifitas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SD Negeri Purwosari 01 Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022 dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Kegiatan ekonomi yaitu dari 30 siswa hanya 12 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal 65, hal ini disebabkan penggunaan metode yang kurang tepat serta tingkat penguasaan materi siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Kegiatan Ekonomi dengan metode problem based learning. Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 61,75, nilai pada siklus I yaitu 68,00 dengan ketuntasan belajar 63,33%, dan pada siklus ke II nilai yaitu 80.42 dengan ketuntasan belajar 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode problem based learning mampu meningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Kegiatan Ekonomi di Kelas V SD Negeri Purwosari 01 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Metode Problem Based Learning.
Full Text:
PDFReferences
Baharudin, Wahyuni. 2008. Teori belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo
Hanafiah, Nanang. dan Cucu, Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
Karso, dkk. 2014. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial I. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Wardani, IG.A.K. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
https://www.google.com/search?q=ilmu+pengetahuan+sosial&oq=ilmu+pengetahuan+sosial&aqs
https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-problem-based-learning/https://www.silabus.web.id/problem-based-learning/
Article Metrics
Abstract view : 108 times | PDF view : 63 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: pgsdjurnal@gmail.com
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats